Posted by: Hanni | 10/04/2009

Tips Merawat Tas (1)

Begitu banyak jenis bahan tas, tentu membutuhkan perawatan yang maksimal, agar bias tahan lama dan tas bisa saja digunakan berkali-kali. Untuk menjaga tas tetap enak dipandang, ada beberapa tips untuk perawatan tas.

Kain halus atau silk yang diberi sulaman atau diberi manik dan payet. Untuk membersihkan tas jenis ini termasuk sulit. Salah satunya menggunakan kain lembut atau catton bud yang diberi cairan pembersih.

Bahan kain, kebanyakan dapat dicuci dengan bahan pencuci khusus dan air hangat yang dibubuhkan pada kain bersih. Seka hingga bersih dengan kain lembab. Keringkan dengan cara diangin-anginkan.

Kulit, untuk membersihkannya dapat menggunakan sabun bernama saddle soap atau krim pembersih khusus untuk kulit. Ini dapat diperoleh di pasar swalayan. Cara membersihkannya gosok pelan menggunakan kain lembut atau semacam spons. Agar mengkilap, gosoklah dengan kain lembut. Namun sebelumnya uji coba dulu di bagian bawah tas. Jika tas berubah warna,  hentikan penggunaan.

Jangan pernah menyimpan tas kulit berdekatan atau menempel dengan tas berbahan plastik. Karena tas plastik dapat menyerap bahan pencelup warna pada kulit. Ini dapat menyebabkan tas kulit bernoda yang terlihat seperti terkena jamur.

Hindarkan kontak langsung dengan sinar matahari dalam waktu lama. Karena dapat merusak permukaan kulit, misal pecah-pecah. Jika terkena air, segera keringkan dengan lap kering dan bertekstur lembut.

Jika timbul bercak putih pada permukaan tas, antara lain karena jamur, dapat dihilangkan dengan cara menyapunya dengan lap bertekstur lembut. Kalau bercak putih itu terdapat di bagian dalam tas, bersihkan dengan sikat halus baru kemudian bersihkan dengan lap kering. Dapat pula Anda gunakan sabun lembut yang khusus untuk membersihkan bahan kulit atau biasa disebut saddle soap yang dapat diperoleh di pasar swalayan. Gosok pelan tas dengan menggunakan kain lembut atau spon.

Simpanlah tas yang tidak digunakan dalam kantong penyimpan (dust bag). Jika tas sudah tidak digunakan lagi dalam waktu yang relatif lama, sekali-kali tas dapat dikeluarkan dari kemasannya dan diangin-anginkan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: